MENDULANG EMAS CAIR DI HUTAN PINUS





Sebuah judul yang untuk sebagian orang langsung bertanya tanya, emas cair apakah yang ada di hutan pinus..???
Emas cair ini sebenarnya adalah penggambaran dari penulis tentang berharganya yang keluar dari hutan pinus atau tepatnya dari pohon pinus jika dimanfaatkan dengan baik.
Apakah itu ... yaa getah pinus. Getah pinus adalah getah yang keluar dari pohon pinus yang diperoleh dengan proses disadap. Getah pinus bisa menghasilkan minyak terpentin dan gondorukem yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.
Sadapan getah pinus untuk beberapa tahun yang lalu hingga saat ini masih didominasi oleh Perum Perhutani dan menjadi salah satu sumber pendapatan dari perusahaan milik negara ini. Karena memiliki prospek yang baik maka mendorong petani-petani hutan rakyat tergabung dalam kelompok tani hutan yang memiliki potensi hutan rakyat hutan pinus yang semula hanya dimanfaatkan kayunya mulai memberdayakan hutan pinusnya untuk disadap.
Tidak ketinggalan adalah Kelompok Tani Hutan (KTH)  di wilayah Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Pacitan. Hingga saat ini telah terbentuk beberapa KTH yang bergerak dibidang sadapan getah pinus diantaranya KTH. Agra Lestari, Enggal Mulyo, Getah Mulyo, Pinus Lestari dan lain-lain. Dan selama menggeleluti pemanfaatan getah pinus KTH-KTH ini telah memiliki kas yang cukup besar. Bahkan dalam kurun waktu ± 5 tahun telah memiliki kas lebih dr 1 Milyar dari hasil getah pinus yang dikumpulkan dari menyisihkan Rp. 1000,- dari per Kg getah yang terjual. Dalam kegiatan sadapan getah pinus ini bekerja sama dengan CV. Rimbun Sejahtera Kecamatan Bandar.
Di samping nilai rupiah yang didapat ada manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu masyarakat sudah tidak lagi menebang pohon pinus untuk dimanfaatkan kayunya lagi, tetapi masyarakat sudah  berlomba-lomba menanam pinus dengan harapan setelah besar akan dimanfaatkan untuk diambil getahnya. Dengan demikian sistem tebang tanam sudah tidak terjadi lagi sehingga konservasi akan lebih terjaga dengan baik.


hezantforestry.blogspot.com

0 Response to "MENDULANG EMAS CAIR DI HUTAN PINUS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel