Mengenal Sumber-Sumber Makanan Lebah

Tahukah anda bahwa kebutuhan pakan lebah tanpa sengat sangat mudah didapat di sekitar kita? Sebuah pohon man gga dan tanaman bunga air mata pengantin (antigonon sp) di halaman rumah sudah cukup memenuhi kebutuhan hidup beberapa koloni lebah trigona

 

Budidaya lebah tanpa sengat (Trigona, Klanceng, Kelulut, Teuweul) tergolong mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan membeli koloni lebah tanpa sengat kemudian menaruhnya di tempat teduh, para lebah akan mencari nektar, polen dan resin bahkan dari bunga2 kecil dan pepohonan di sekitar rumah yang tidak mungkin bisa dihisap oleh lebah jenis apis. Lebah tanpa sengat juga sangat mudah beradaptasi terhadap lingkungan, termasuk dengan tanaman pakan baru yang belum dikenal sebelumnya di tempat asalnya.

Namun jika kita ingin memiliki koloni lebah tanpa sengat yang kuat dan memiliki produktivitas tinggi maka kita harus memperhatikan tanaman-tanaman potensial yang menjadi favorit atau kesukaan lebah tanpa sengat lainnya. Keragaman vegetasi tanaman pakan dan kombinasinya akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan koloni serta terhadap produktivitas dan kualitas madu, propolis dan beebread yang dihasilkan.


Air Mata Pengantin (AMP) Penghasil Nectar

Air mata pengantin (Antigonon) adalah tumbuhan memanjat (Liana)anggota suku Polygonacease yang berasal dari Amerika Tengah. Dengan dua atau tiga jenis anggota, tumbuhan ini adalah penghias taman yang populer. Air mata pengantin merupakan tanaman yang paling disukai lebah, dan mengandung sari pati madu yang hidup sepanjang tahun, tanpa dipengauhi oleh musim penghujan dan panas. 

Tanaman bunga air mata pengantin termasuk tanaman yang disenangi lebah trigona karena Menurut praktisi pembudidaya klanceng, Hafidh Shofwan Maajid, bagian bunga tanaman air mata pengantin mengandung nektar (sari bunga) cukup melimpah dan mudah dijangkau klanceng. Bunga dari tanaman ini pun bisa banyak bergerombol. Dengan mudah mendapatkan sumber pangan berwujud nektar akan berdampak bagus juga bagi kesehatan satwa klanceng termasuk bisa menghasilkan madu secara maksimal, baik dari segi kuantitas serta kualitasnya.

  


Pohon Mangga Penghasil Resin



Getah Sumber Resin

Resin atau getah tumbuhan sangat diperlukan untuk lebah trigona berguna untuk pertahanan diri, untuk membuat kantong  madu, kantong bee pollen dan kantong brood. Apabila makanan di lapangan melimpah tetapi tidak menghasilkan madu atau bee pollen itu terjadi karena resin untuk kantong madu sedikit. Apabila itu terjadi perlu penanganan dengan menanam pohon penghasil resin. Agar lebah mudah mendapatkan resin bisa menggunakan cara menyadap. Menyadap getah hanya diperlukan saat kondisi darurat saat persediaan propolis di dalam stup menipis. Salah satu pohon yang bisa disadap andalah pohon mangga. Resin pohon mangga sangat disukai oleh lebah laevicep. Caranya dengan membuang kulit keras pohon mangga. Bagian yang disadap sepertiga dari pohon mangga dan tingginya 1 meter dari tanah. Sekitar 1 meter dari tanah kurang disukai oleh lebah trigona. Setelah kulit keras mangga dibuang, tusuk kulit pohon dengan jarum sampai rata. Waktu yang tepat adalah pagi hari, karena matahari belum bersinar terik. Sinar matahari akan menguapkan air sehingga resin menjadi kering. Setelah beberapa detik getah akan keluar. Uap dari getah memancing lebah trigona untuk datang. Lebih dekat dengan sarang akan lebih baik. Ada banyak pohon yang bisa disadap selain mangga diantaranya, pohon nangka, kluwih, benda, dan sukun

  














0 Response to "Mengenal Sumber-Sumber Makanan Lebah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel